“Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Adapun Tujuan SD Negeri Gedangalas 1 adalah sebagai berikut:
Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri Gedangalas 1 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
a. Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengembangkan kompetensi diri;
b. Melaksanakan penilaian dengan sistem digitalisasi;
c. Membiasakan peserta didik melaksanakan ibadah salat zhuhur secara berjamaah;
d. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial;
e. Merancang dan melaksakan program sekolah untuk mengenalkan dan mengimplementasi kebhinekaan global di masyarakat;
f. Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mencerminkan bangga akan potensi daerah;
g. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah;
h. Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk memiliki sikap mandiri dalam melakukan aktivitasnya;
i. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas;
j. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.
k. Mengenalkan literasi digital kepala peserta didik sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi diri;
l. Meningkatkan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya melalui pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan;
m. Meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan lingkungan sekolah.
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
a. Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik yang mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya;
b. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi;
c. Membiasakan peserta didik melaksanakan salat duha;
d. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
e. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah;
f. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang dan melaksanakan program pembelajaran berbasis budaya lokal;
g. Membiasakan peserta didik memiliki semangat gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah;
h. Membiasakan peserta didik bertanggung jawab terhadap proses dan hasil pembelajaran sebagai langkah adaptif dalam menghadapi situasi yang dihadapi ;
i. Cerdas dalam menerima dan memfilter informasi yang diperoleh;
j. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya;
k. Meningkatkan implementasi literasi digital dalam kegiatan pembelajaran sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi diri peserta didik;
l. Mewujudkan lingkungan belajar yang dapat mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal;
m. Menjalin kerja sama dengan stakeholder untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah:
n. Membebaskan lingkungan sekolah dari sampah plastik;
o. Meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap keindahan lingkungan sekolah.
3. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
a. Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang betul – betul mampu menyeimbangkan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.
b. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati;
c. Mendidik peserta didik bebas dari buta baca tulis Al qur’an;
d. Membentuk peserta didik yang berakhlakl mulia dan memiliki kepedulian sosial dalam toleransi beragama;
e. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal;
f. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik;
g. Meningkatkan semangat gotong royong pada diri peserta didik dalam dalam melakukan kegiatan kelas hingga sekolah;
h. Menumbuhkan rasa bangga peserta didik terhadap sikap kemandirian yang dimilikinya dalam melaksanakan kegiatan;
i. Cerdas dan bijaksana dalam memutuskan sesuatu berdasarkan beragam informasi yang diterima;
j. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
k. Meningkatkan motivasi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi diri secara terus menerus untuk menjadi pribadi yang aktif, cerdas, dan kreatif;
l. Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif dan positif terhadap perkembangan peserta didik;
m. Membudayakan implementasi literasi digital dalam kegiatan pembelajaran sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi diri peserta didik;
n. Mewujudkan budaya mutu dalam melaksanakan aktivitas di sekolah sebagai upaya untuk meningkatan prestasi peserta didik;
o. Menambah atau memperkaya kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik;
p. Terlayananinya peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya secara berkeadilan;
q. Mewujudkan lingkungan belajar yang bersih, asri, dan indah .